Polres Banjar Luncurkan Program Polisi Saba Bumi, Untuk Maksimalkan Pelayanan Kepada Masyarakat

Banjar, mediaotonomiindonesia.com Polisi Saba Bumi (PSB) yang diluncurkan oleh Kapolres Banjar AKBP Ardiyaningsih di hamalam Mapolres Banjar, merupakan salah satu strategi pemolisian masyarakat (Polmas) dengan mengangkat kearifan lokal Jawa Barat khususnya di Kota Banjar, Jum’at (19/11/2021)

Peluncuran Program Polisi Saba Bumi tersebut dihadiri oleh Walikota Banjar Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., Wakil Walikota Banjar H. Nana Suryana, Dandim 0613/Ciamis Letkol Czi. Dadan Ramdani, M.A.P., Kalapas Banjar, Ketua DPRD Kota Banjar, Kadis Pol PP Kota Banjar, Kalak BPBD Kota Banjar, Kadishub Kota Banjar, Perwakilan Kajari, dan Pabung Kodim 0613/Ciamis Wilayah Banjar, serta Wakapolres Banjar, Para Pejabata Utama dan Perwira Kota Banjar, serta Personel Polres Banjar.

Secara teknis Kapolres Banjar menjelaskan, Polisi Saba Bumi tersebut merupakan upaya kepolisian yang berorientasi pada pemecahan masalah dan kemitraan (problem solving dan partnership) yang menempatkan masyarakat sebagai mitra dalam mewujudkan kondusifitas kamtibmas.

“Polisi Saba Bumi ini menempatkan 1 RW (Rukun Warga) 1 Polisi, sehingga sebanyak 297 Personel Polres Banjar disebar di RW-RW seluruh Kota Banjar, inovasi ini merupakan dalam rangka meningkatkan pelayanan Polri kepada masyarakat” ucap Kapolres.

Lebih lanjut menurut Kapolres, kehadiran Polri di tengah-tengah masyarakat diharapkan memberi rasa aman, serta mengoptimalkan Personel Polri sebagai motor penggerak di ruang publik dan lingkungannya.

“Nantinya Personel Polisi yang ditempatkan di RW tersebut, secara door to door mengunjungi rumah warga untuk berkomunikasi, mengedukasi, maupun sosialisasi, terhadap warga, dan warga dapat berkonsultasi berkaitan dengan tugas Kepolisian, serta nantinya ditempelkan stiker di rumah tersebut sebagai penanda bahwa Personel Polres Banjar sudah mengunjungi rumah tersebut, dan seterusnya” kata Kapolres.

Walikota Banjar menyambut positif  terhadap Program Saba Bumi tersebut, serta ucapan terima kasih dan apresiasi terhadap Kapolres Banjar terhadap program tersebut.

“Dengan 1 RW 1 Polisi, Inshaa Allah akan memberikan keamanan, kenyamanan, dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat” ucap Walikota Banjar. (Yudhi’s)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*