Mengikuti Lomba, Sat Kamling Ini Dinilai Oleh TimDari Dit Binmas Polda Jabar

Banjar, mediaotonomiindonesia.com Tim penilai dari Direktorat Pembinaan Masyarakat (Dir Binmas) Polda Jabar yang dipimpin oleh Wakil Direktur (Wadir) Binmas Polda Jabar AKBP Mohammad Rois, S.I.K., S.H., M.H. dengan didampingi Kapolres Banjar AKBP Ardiyaningsih, S.I.K.,M.Si. melaksanakan penilaian di Sat Kamling yang beralamat di RT. 029/10 Dusun Karang Pucung Desa Balokang Kecamatan Banjar Kota Banjar.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir ASDA 1 Pemkot Kota Banjar, Kapolsek Banjar AKP Sudi Hartono, S.Sos., Kasat Binmas Polres Banjar IPTU M.Atang Efendi, Camat Kecamatan Banjar Asep Yani Taruna S.H., M.A.P., Perwakilan Subdenpom Banjar, Anggota polres Banjar, Bhabinkamtibmas, Babinsa Desa Balokang Kecamatan Banjar, Kepala Desa Balokang, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda Desa Balokang Kecamatan Banjar, Petugas Sat Kamling RT 029 / 10 Dusun Karang Pucung Desa Balokang Kecamatan Banjar.

Dalam Kegiatan tersebut Wadir Binmas menyampaikan syukur dirinya bersama tim bisa hadir di tengah-tengah muspika, tokoh agama, tokoh masyarakat dan warga untuk bersilaturahmi dengan warga masyarakat desa Balokang ini. Satkamling adalah pam swakarsa yang menjadi suatu bagian penyelenggara fungsi kepolisian khusus di wilayah tertentu yang memiliki kewenangan kepolisian terbatas.

“Tugas Satkamling adalah memelihara keamanan ketertiban masyarakat di wilayahnya dengan melaksanakan kegiatan turjawali, serta legalitas penunjukan Satkamling dibuat dengan kesepakatan bersama warga setempat dan selanjutnya diberikan SK oleh kepala desa setempat” ucap Wadir Binmas Polda Jabar.

Senada dengan Wadir Binmas, Kapolres Banjar mengatakan perlombaan Sat Kamling tersebut dilaksanakan rutin setiap tahunnya oleh Dir Binmas Polda Jabar, untuk tahun ini Sat Kamling inilah sebagai perwakilan dari Polres Banjar.

“Selain itu, sinergitas Bhabinkamtibmas dan Babinsa dapat memberikan pelatihan-pelatihan kepada Satkamling untuk menunjang tugas di lapangan, serta Satkamling diharapkan berperan aktif dalam menyikapi segala situasi sehingga kehadiran Satkamling dapat di rasakan manfaatnya oleh masyarakat” ucap Kapolres Banjar, Kamis (25/11/2021).

Dalam kegiatan tersebut disosialisasikan Perkap nomor 4 tahun 2020 tentang Satkamling dan simulasi pelaksanaan Simkamling di lokasi tersebut lengkap dengan para warga masyarakat. (Yudhi’s)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*