Kepala Dinas Pendidikan Kab.Tangerang Menjamin Kepsek SMPN 1 Jambe Telah Mengembalikan Uang Seragam Sekolah Kepada Siswa Siswi

 

TANGERANG, MEDIA OTONOMI INDONESIA – Media otonomi indonesia. Kepala sekolah SMPN Jambe 1 Kec. Jambe tidak menyurutkan niatnya melakukan penjualan seragam sekolah kepada siswa siswi kelas VII pada tahun 2020 yang silam dan sampai saat ini baju seragam sekolah tersebut belum diberikan kepada muridnya. Padahal, orangtua siswa/ wali murid sedang mengalami keterpurukan ekonomi akibat Covid-19.

Hal itupun diakui orangtua siswa yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, bahwa pada pertengahan semester tahun 2020 pembayaran baju seragam sekolah dan LKS sudah lunas dibayarkan kepada pihak sekolah.

“Baju seragam sekolah sudah lunas saya bayar ke sekolah tahun 2020 kemarin maupun buku lks.Tapi,sampai saat ini baju seragam sekolah belum diterima anak saya, apa baju yang dipesan kemarin masih bisa dipakai anak ya atau tidak kurang paham.Soalnya postur tubuh anak saya sudah besar, ditambah pendapatan tidak jelas akibat Covid -19,” tutur orangtua siswa kepada wartawan Media Otonomi Indonesia, Selasa (12/1/2021)

Aturan mengatakan pada Permendikbud no.45 Tahun 2014 tentang seragam sekolah, Bab IV Pengadaan dan penggunaan pasal 4 berbunyi :

– Pengadaan pakaian seragam sekolah diusahakan sendiri oleh orangtua atau wali peserta didik

– Pengadaan pakaian seragam sekolah tidak boleh dikaitkan dengan pelaksanaan penerimaan peserta didik baru atau kenaikan kelas.

Sebagaimana diatur juga dalam Pasal 12a, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 75 Tahun 2016 Tentang Komite Sekolah.

Komite Sekolah, baik perseorangan maupun kolektif dilarang menjual buku pelajaran, bahan ajar, pakaian seragam, atau bahan pakaian seragam di sekolah.

Namun, Kepala dinas pendidikan Kabupaten Tangerang, Syaifullah mengatakan,menjamin pihak kepala sekolah SMPN Jambe, Moh. Ibrahim Lakoni telah mengembalikan uang seragam lengkap dengan bukti pengembaliannya. Tapi, Kepala dinas tidak ada menunjukkan apa benar ada bukti pengembalian uang seragam yang telah dikembalikan.

“Sejak awal tahun ajaran baru (juli 2020) dana tsb sdh di dikembalikan pada orang tua siswa… semua ada bukti pengembaliannya..,” jawab Kadis melalui whatsApp di hari yang sama waktu berbeda. (Sahat RM)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*