Brigadir Dede Iim, Bhabinkamtibmas Desa Neglasari Yang Selalu Dekat Dengan Masyarakat

Banjar, mediaotonomiindonesia.com – Bhabinkamtibmas Desa Neglasari Polsek Banjar Polda Jawa Barat melaksanakan kegiatan rutin setiap harinya, menjadi seorang Bhabinkamtibmas merupakan suatu amanah yang dipercayakan kepada setiap personel di jajaran kepolisian, dengan tujuan membangun kerja nyata dan sinergitas bersama masyarakat di wilayah kerjanya.

Hal inilah yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Neglasari, Kecamatan Banjar, Brigadir Dede Iim. Dengan penuh rasa tanggung jawab, anggota Polsek Banjar, Polres Banjar  ini, dalam kesehariannya kerap menyambangi warga dan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat.

Saat ditemui di peternakan kambing milik warga di Dusun Warungbuah, Desa Neglasari, Kecamatan Banjar, Jawa Barat, Dede mengatakan bahwa ini sudah menjadi tugas pokok sebagai Bhabinkamtibmas untuk selalu dekat dengan masyarakat.

“Setiap hari saya bersama masyarakat, membangun komunikasi dengan Babinsa, Bina Desa, aparatur desa, serta berkoordinasi dengan warga dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah desa Neglasari,” ujarnya  Rabu (18/5/2022).

Menurutnya, dia juga kerap melakukan pembinaan serta sosialisasi kepada masyarakat.

“Hampir setiap hari saya berkunjung ke rumah-rumah warga, hal ini untuk menjaga tali silaturahmi serta membantu mendampingi masyarakat apabila ada masalah mulai dari mencari solusi bersama, mengatur lalulintas, serta melakukan pengamanan apabila ada kegiatan masyarakat,” imbuhnya.

Dede menambahkan, bahwa dirinya juga selalu melakukan kegiatan patroli rutin, hal ini untuk melakukan deteksi dini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti tindakan melawan hukum di wilayah kerjanya.

“Kalau semua pekerjaan dilakukan dengan ikhlas, maka semua akan mudah. Saya pun bersama Babinsa kerap memberikan perlindungan pertama bilamana ada warga yang meminta tolong.

Selain itu, juga ikut memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena musibah seperti bencana alam, wabah penyakit, serta memberikan bimbingan dan petunjuk kepada masyarakat terkait dengan permasalahan Kamtibmas dan pelayanan Polri,” terangnya.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat desa Neglasari untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan melakukan kegiatan sistem keamanan lingkungan (Siskamling).

“Meski Banjar tengah berada di level 1, namun masyarakat jangan lengah terkait masih adanya Covid-19. Untuk itu, saya mengimbau kepada warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, juga warga agar kembali aktif melakukan kegiatan ronda malam,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Banjar AKBP Ardiyaningsih melalui pejabat sementara Kasubsi Penerangan Masyarakat Humas Polres Banjar Aipda Nandi Darmawan mengatakan, bahwa hal ini sudah menjadi tugas dan tanggung jawab setiap Bhabinkamtibmas di wilayah kerja masing-masing.

“Sudah diinstruksikan bahwa setiap Bhabinkamtibamas wajib membangun sinergisitas dengan semua stakeholder yang ada di wilayah kerjanya. Hal ini agar memudahkan komunikasi dalam mencegah gangguan kamtibmas,” ujarnya.

Kapolres juga berharap kepada semua Bhabinkamtibmas untuk tetap menjaga pola hidup sehat terutama di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, hal ini agar visi dan misi yang sudah diamanahkan dapat terealisasi dengan baik.

“Kuncinya kerja cerdas, utamakan kesehatan dan terus bangun komunikasi dengan masyarakat,” pungkas Ardiyaningsih. (YR)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*