Walikota Tangsel Resmikan Anjungan Dukcapil Mandiri Pertama di Indonesia

 

SERPONG, MOI – Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany meresmikan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) pertama di Indonesia bertempat di Teras Kota, Serpong, Tangsel, Minggu (23/2/2020).

Airin Rachmi Diany mengucapkan rasa syukur dan terima kasih Kepada jajaran Dinas Dukcapil Tangsel, atas terciptanya inovasi layanan Adminduk yang kini semakin menjangkau masyarakat.

“Dengan hadirnya ADM di Mal, maka masyarakat mendapat pelayanan lebih baik lagi. Ini menambah kedekatan jarak pelayanan kita kepada masyarakat dan menjadi alternatif pilihan, karena saya tahu 50 persen masyarakat Tangsel bekerja di Jakarta,” terang Airin.

Kepala Disdukcapil Kota Tangsel, Dedi Budiawan, menjelaskan, ADM ini pertama di Indonesia, dan pelayananya setiap hari kecuali hari Kamis.

“ADM menyerupai mesin pengambilan uang (ATM) ini, diperuntukkan bagi 7 jenis pelayanan administrasi kependudukan warga Kota Tangsel, diantaranya, KTP, KK, KIA, Akta Kelahiran, Kematian, Perkawinan dan Perceraian,” kata Kepala Dinas Dukcapil Dedi Budiawan di Teras Kota Mall, Tangerang Selatan, Minggu 23/2/2020

Nantinya, setiap warga Tangsel, pemohon pembuatan 7 dokumen administrasi kependudukan (adminduk), bisa mendatangi Mal Teras Kota, untuk melakukan verifikasi dan validasi data kependudukan.

“Setelah data terverifikasi dan tervalidasi, maka pencetakannya dilakukan melalui mesin tersebut. Pertama warga melakukan register tidak lagi ke Dukcapil, verifikasi dan validasi dilakukan di sini sendiri melalui barcode atau dengan sidik jari pemohon, kemudian pencetakan melalui mesin ini juga,” katanya.

Untuk penerbitan KTP dengan ADM di Teras kota, hanya dibatasi 100 pencetakan dan penertbitan KIA debanyak 50 penerbitan.

“Buka sabtu sampai Rabu dari jam 10.00 sampai pukul 18.00 wib. Sementara kuota pencetakan eKTP 100 kartu perhari dan KIA, 50 kartu per hari,” pungkasnya. (red/humas kominfo)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*